EDUKASI KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT


                                                  KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT

 Jadi apa yang di pikiran kalian tentang menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut?
 menggosok gigi dua kali sehari? benar.
 menggosok gigi pagi dan malam? benar.

Semua itu benar, tapi taukah kalian kapan waktu terbaik untuk menyikat gigi yang kalian  sebut sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam?
jadi itulah yang akan saya bahas disini.

         Kalian ingat lagu masa kecil yang liriknya.. Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi... 
Nah,. Untungnya liriknya tidak mencantumkan kegiatan sarapan ya, bisa bisa jadi benar-benar keliru, karna sebenarnya waktu terbaik untuk menyikat gigi pagi dan malam adalah pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kalau kita mandi lalu menyikat gigi, setelah itu sarapan, apa bedanya dengan kita tidak menyikat gigi? Tapi mungkin, karna sudah terbiasa jadi Rongga mulut seperti tidak terasa apa-apa dan baik-baik saja, tapi tentunya isi tulisan ini adalah mengedukasi kebersihan gigi dan mulut agar kita lebih peduli dan berwawasan terhadap kesehatan  rongga mulut.

          Lalu bagaimana cara kita menggosok gigi? Gosok saja seperti biasa dengan gerakan kanan-kiri secara berulang, kebanyakan jawaban akan seperti itu. Tetapi sebenarnya bedasarkan anatomi gigi kita, gerakan terbaik menggosok gigi adalah gerakan DARI ATAS KE BAWAH (perlu diingat: gerakannya hanya satu jalur saja, dari atas ke bawah, lalu ulang dari atas ke bawah lagi, bukan dari atas ke bawah- dari bawah tarik keatas) dengan sikat gigi 45derajat dari gigi (tidak tegak lurus dengan gigi)

         Baik, setelah membaca penjelasan diatas mungkin kalian mulai berpikir untuk mengganti pola waktu dan cara menggosok gigi, tetapi taukah kalian bahwa harus ada jeda antara makan dan menyikat gigi?
ya waktu yang tepatnya adalah minimal 30 menit setelah makan, hal itu disebabkan karena keadaan rongga mulut masih dalam keadaan asam, jika kita langsung menggosok gigi maka berisiko terjadi demineralisasi lapisan email gigi, bukannya menyehatkan tapi malah menyakitkan, bukan?

         Setelah pembahasan tersebut mungkin kalian mulai berpikir untuk mengatur lagi pola waktu antara makan dengan menyikat gigi, tapi pernahkah kalian terbesit pikiran seberapa perlu kita membasahi sikat gigi dan seberapa banyak harus berkumur setelah menyikat gigi?
 sudah banyak dijual di pasaran sikat gigi dengan jenis bulu yang lembut, jadi untuk memaksimalkan fungsi dari menggosok gigi, membasahi bulu sikat sebelum digunakan itu tidak perlu lho! karena jika dibasahi maka berkemungkinan bulu sikat gigi (jenis soft) akan kurang potensi kerja untuk menyapu gigi kita dari kotoran gigi.
lalu, pasta gigi yang digunakan juga tidak perlu sampai memenuhi semua permukaan bulu sikat, cukup seujung jari telunjuk dengan teknik dan alat menyikat gigi yang baik dan benar mendukung kebersihan rongga mulut
oh ya! jangan lupa ya menyikat lidah dan langit langit rongga mulut saat menyikat gigi, jika kalian tau bahwa lidah itu memiliki struktur yang banyak lipatan jadi sangat berkemungkin jika kotoran mengendap di lidah.

          Setelah membahas waktu dan cara menyikat yang benar, lalu jika sudah bagaimana? berkumur! ya hal berkumur juga patut jadi hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan  rongga mulut.
mungkin kebanyakan dari kalian berkumur untuk menghilangkan busa pasta gigi, tetapi taukah kalian seberapa banyak perlunya kita berkumur? kita hanya cukup sekali ambil air kumur untuk setelah menggosok gigi terlepas dari berapa lamanya berkumur ya.. jika memang cukup sudah berkumurnya ya silahkan dibuang, tetapi cukup satu kali berkumur dengan air karena untuk menjaga kandungan terutama fluor dalam pasta gigi agar bertahan baik di gigi kita, kalau terlalu sering mengambil air berkumur nanti kandungan pasta gigi yang kalian gosokkan terlepas bersama air kumur yang terlalu sering (lebih dari sekali) itu.

       tidak menyangka sebanyak ini aturan menggosok gigi? tapi kalo memang sudah jadi kebiasaan yang banyak itu tadi bukan suatu perkara lagi! Yuk kita jaga kebersihan mulut kita dan menyikat gigilah yang paling umum dan terjangkau, bukan?

Untuk pemeliharaan kebersihan yang lebih lanjut..
jangan lupa 6 bulan sekali periksakan gigimu ke dokter gigi
#lookafteryourteeth



                                                                Terimakasih telah membaca! semoga bermanfaat.



 

Comments